Return to site

Robot China Akan Jelajahi Sisi Terjauh Bulan

  | PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT Solid Gold Berjangka - China baru saja meluncurkan robot penjelajah menuju sisi terjauh Bulan atau yg biasa disebut 'far side of the Moon'. Robot yg disebut Chang'e-4 ini akan mendarat di Bulan dlm beberapa minggu setelah peluncuran hari ini.

Dilansir dr Engadget, Minggu (9/12/2018), ini merupakan misi darat pertama yg menjelajahi sisi Bulan yg tdk dapat terlihat dr Bumi tersebut. Robot penjelajah ini diterbangkan menumpang roket Long March 3B dr Xichang Satellite Launch Center. Robot ini nantinya akan mendarat di kawah Von Kármán & akan menganalisis tanah Bulan, meneliti struktur sub-permukaan & juga angin matahari.

Selain itu, Chang'e-4 juga akan membawa benih & telur ulat sutra utk melihat bagaimana keduanya dapat bertahan di Bulan. Peneliti juga akan melakukan studi tentang radio astronomi. Hal ini dilakukan mengingat komunikasi radio dr Bumi tdk bisa mencapai sisi terjauh Bulan.

Jadi, teleskop yg ditempatkan di sisi terjauh Bulan akan dapat menerima sinyal yg mungkin sulit dideteksi di Bumi. Agensi media milik pemerintah China, Xinhua News sendiri telah mengkonfirmasi bahwa peluncuran ini berjalan dgn sukses. Misi ini merupakan misi keempat dlm program Chang'e yg diluncurkan China utk meneliti Bulan.

Dua misi seblmnya menggunakan pesawat luar angkasa yg ditempatkan di orbit Bulan. Se&gkan misi ketiga menempatkan robot penjelajah di sisi dekat Bulan.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly