Return to site

Prototipe Pesawat yang Mengagumkan dari Masa ke Masa | PT SOLID GOLD BERJANGKA

· Solid Gold,Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka - Produsen pesawat telah menghasilkan banyak pesawat keren sepanjang sejarah. Banyak yg melanglang buana & ada pula yg hanya menjadi prototipe dr tahun 1949 sampai sekarang. Melansir CNN Travelada banyak proyek pesawat yg menarik lalu dibatalkan karena alasan politik, finansial atau masalah teknis. Hampir 70 tahun berlalu, berikut adalah lima prototipe pesawat luar biasa & satu konsep pesawat masa depan.

1. Avro Canada Jetliner (1949)

Inilah prototipe pesawat penumpang bertenaga jet pertama yg terbang di Amerika Utara. Mengalahkan pesawat Boeing dr Seattle atau Douglas Aircraft Company dr Long Beach.

Avro Canada C-102 Jetliner terbang dr Bandara Malton, Toronto pada bulan Agustus 1949. Jetliner dikembangkan oleh Avro Canada untuk Trans-Canada Air Lines (TCA) & memiliki kecepatan tertinggi 800 km/jam, yg membawa sekitar 50 penumpang untuk penerbangan hingga 800 kilometer.

Namun, TCA hilang harapan pada Jetliner ketika analisis maskapai menunjukkan bahwa versi produksi pesawat tdk akan memenuhi persyaratan operasional. Selama program uji coba terbang, Jetliner terbang selama lebih dr 400 jam, termasuk penerbangan yg membawa jet udara pertama di dunia dr Toronto ke New York, pada bulan April 1950 & sekarang disimpan di Canada Aviation and Space Museum Ottawa.

2. Bristol Brabazon (1949)

Brabazon adalah monster pada masanya dgn panjang lebih dr 54 meter & lebar sayap 70 meter dirancang oleh komisi khusus di Inggris. Pesawat ini dinilai kurang bertenaga walau dgn delapan mesin baling-baling besar telah digendong sayapnya.

Pesawat ini menyaingi pesawat untuk 500 penumpang, yakni Airbus A380. Brabazon dirancang hanya untuk membawa 100 penumpang yg dilengkapi kabin pribadi, bar & bahkan bioskop. Ketika prototipe pertama terbang pada September 1949, terlihat jelas bahwa maskapai tdk membutuhkan kapal laut di udara tetapi pesawat yg efisien & menguntungkan. Brabazon tdk dipesan satu pun maskapai & program itu dibatalkan pada tahun 1953.

3. Saunders-Roe Princess (1952)

Saunders-Roe SR.45 Princess adalah pesawat amfifi bermesin serba logam terbesar di dunia. Dibikin oleh Inggris dgn rentang sayapnya menyaingi A350 & pertama kali terbang pada Agustus 1952.

Ada sepuluh mesin turboprop yg menjamin penumpangnya terbang dgn kemewahan. Pelanggan satu-satunya, British Overseas Airways Corporation (BOAC), berniat untuk menerbangkannya dr London ke New York namun saat prototipe pertama kali mengudara, maskapai ini mengatakan bahwa umurnya takkan panjang & segera diganti oleh jet.

Program Princess akhirnya dibatalkan oleh pemerintah Inggris. Satu-satunya prototipe yg telah terbang & dua lainnya pun dibatalkan keberlangsungannya.

4. Fairchild Dornier 728JET (2002)

Ketika prototipe Fairchild Dornier 728JET diluncurkan pada Maret 2002 sudah dipesan lebih dr 100 unit. Berjangkauan terbang regional, kapasitasnya sejumlah 70 tempat duduk.

Penerbangan pertama 728JET direncanakan untuk musim panas 2002, tetapi produsen AS-Jerman Fairchild Dornier GmbH mengaku pailit hanya dua minggu setelah pesawat uji pertama diluncurkan. Mengingat ketdkpastian program, pelanggan utama pesawat membatalkan pesanan, & meskipun sebuah perusahaan baru dibentuk untuk mengambil 728JET & membawanya ke dlm produksi, upaya itu pun gagal.

728JET didesain untuk pesawat keluarga karena jangkauannya lebih luas & kapasitas penumpang yg cukup banyak. Pesawat ini juga telah dimungkinkan bersaing dgn Embraer & Bombardier.

 

5. SpaceX BFR

Elon Musk & timnya di SpaceX sukses dgn serangkaian peluncuran & pendaratan roket Falcon 9. Hal ini merevolusi sektor peluncuran ruang angkasa. Tahun lalu, SpaceX mengumumkan rencananya untuk menciptakan Sistem Transportasi Antarplanet atau Interplanetary Transport System (ITS). Tujuan ambisiusnya memungkinkan kolonisasi manusia di planet Mars.

Teknologi landasannya mampu meluncurkan pesawat dgn beban sebanyak 600 ton ke orbit Bumi, sekitar empat kali muatan jet kargo berba& lebar. Pada bulan September, Musk mengungkapkan desain ITS telah diperbarui, lebih kecil tapi masih berkekuatan besar yg dijuluki BFR (Big Falcon Rocket) oleh orang dlm SpaceX namun masih sebatas desain komputer.

Penumpang dapat terbang dr New York ke Shanghai dlm 39 menit, London ke Dubai dlm 29 menit & Los Angeles ke Johannesburg dlm 50 menit. Jadi, BFR dinilai mampu membawa penumpang dr kota mana pun ke kota lain di Bumi dlm waktu kurang dr satu jam.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly