Return to site

NASA Rekam Suara 'Alien' Mengerikan di Planet Jupiter

PT Solid Gold Berjangka

NASA Rekam Suara 'Alien' Mengerikan di Planet Jupiter

Tepat pada Rabu (5/7/2017) kemarin, Juno telah mengorbit planet Jupiter selama satu tahun. Pesawat luar angkasa NASA itu tiba di orbit planet raksasa pada 4 Juli 2017 setelah lima tahun berada di luar angkasa.

Dan hingga kini, Juno bertugas mengamati Jupiter secara intensif, mulai dari mengumpulkan data ekosistem hingga membantu ilmuwan mempelajari formasi dan evolusi dari planet gas ini.

Salah satu pencapaian menakjubkan Juno adalah mampu merekam suara di sekitar Jupiter. Pesawat tersebut bahkan mengklaim telah merekam suara misterius di kawasan kutub utara dan selatan planet.

Dalam proses perekaman, NASA menggunakan teknologi radio plasma wave dari Juno. Ia mampu merekam dengan memanfaatkan suara aktivitas partikel energi di aurora kutub tersebut. Namun, NASA harus mengonversi suara itu karena spektrumnya terlalu tinggi.

Setelah dikonversi, suara yang tadinya berdurasi 13 jam, bisa dipangkas menjadi satu menit saja. Setelah didengar, suara rekaman ini justru malah begitu mengerikan. Sampai-sampai, para ilmuwan NASA menamai suara ini dengan julukan 'suara Alien'.

"Suara tersebut seolah-olah suara 'makhluk' Jupiter yang mencoba berkomunikasi dengan kita. Padahal, suara ini merupakan emisi paling kuat yang diciptakan dari kutub Jupiter. Kini, kita akan mencoba menelusuri asal muasal partikel elektron tersebut," ujar Bill Kurth, co-investigator Waves Instrument untuk planet Jupiter dari University of Iowa sebagaimana dikutip dari Mirror, Kamis (6/7/2017).

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly