Return to site

Marak Penipuan Lowongan Kerja Fiktif Perusahaan Migas

Solid Gold - Penipuan lowongan kerja di perusahaan hulu minyak dan gas bumi (migas) kembali marak. Terakhir, terjadi penipuan penerimaan pegawai dengan mengatas namakan CNOOC, salah satu perusahaan migas asal CHina, yang kasusnya sudah dilaporkan kepolisian.

Menurut Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi, dalam proses rekruitmen oleh SKK Migas maupun perusahaan hulu migas yang menggunakan konsultan rekruitmen yang ditunjuk, tidak pernah dipungut biaya atau pembayaran dalam bentuk apapun. “Jika diminta melakukan pemesanan dan pembayaran dalam bentuk apapun, dipastikan itu penipuan,” tegasnya dalam keterangan resmi, Rabu (14/6/2017).

Lebih lanjut diterengkan SKK Migas dan perusahaan migas tidak pernah menunjuk biro perjalanan (travel agent) tertentu untuk melakukan pemesanan maupun menerima pembayaran dalam bentuk apapun untuk transportasi darat, laut, maupun udara dalam proses rekruitmen. Dalam kasus terakhir, beredar rekruitmen calon pegawai dari CNOOC. Untuk peserta dari luar Jakarta, diminta mengganti biaya transportasi.

Panitia mengklaim bekerja sama dengan agen perjalanan PT. Express Tour & Travel dengan penanggung jawab Windarso dengan nomor kontak 0852-9858-1991. “Kami klarifikasi ke CNOOC, mereka manyatakan tidak ada proses perekrutan pegawai. Jadi ini penipuan,” paparnya.

Amien berharap, masyarakat yang menerima informasi lowongan kerja di perusahaan migas dapat lebih berhati-hati dan melakukan cek dan ricek agar tidak menjadi korban penipuan.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly