Return to site

DPR Panggil Kemenlu Soal WNI Dieksekusi Mati | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka - Komisi I DPR RI segera memanggil Kementerian Luar Negeri. Komisi I akan meminta penjelasan Menteri Retno Marsudi dan jajarannya terkait tewasnya tenaga kerja Indonesia Muhammad Zaini Misrin yg dieksekusi mati oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Kita pingin dengar apa upaya pendampingan dan pembelaan spt apa. Pada saatnya Komisi I akan memanggil Kemenlu utk menyampaikan kenapa hal itu bisa terjadi," kata anggota Komisi I Roy Suryo di Komisi I DPR RI kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 19 Maret 2018.

Namun di sisi lain, pemerintah juga harus tetap menghormati sistem hukum di Arab Saudi. Dia berharap, masalah ini tidak mengganggu hubungan dan kerjasama bilateral kedua negara. Sama halnya ketika pemerintah mengeksekusi warga negara asing.

Baca: Kemenlu Diminta Tanggung Jawab Soal WNI Dieksekusi Mati Saudi

"Tapi kan pasti dari negara yg bersangkutan ikut membela. Ini balik kenapa kita engga mendengar kasus yg bersangkutan tiba-tiba kita mendengar (eksekusi) itu sekarang," pungkasnya.

Kemarin, kasus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dieksekusi mati di Arab Saudi kembali terjadi. Muhammad Zaini Misrin asal Bangkalan, Jawa Timur, telah dieksekusi pada 18 Maret 2018, dgn tuduhan melakukan pembunuhan.

Zaini divonis hukuman mati pada 17 November 2008. Pria yg bekerja sebagai sopir di Arab Saudi ini dituduh membunuh majikannya yg bernama Abdullah bin Umar Muhammad Al Sindy. Zaini ditangkap pada 13 Juli 2004.
 

Solid Gold Berjangka

Solid Gold

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly